Monday, April 11, 2005

[INFO] Pertemuan Tanggal 27 Maret 2005

Assalamu'alaikum wr wb

Mudah-mudahan nggak terlalu terlambat walau udah lewat 2 minggu, ya...

Tanggal 27 Maret 2005, tepatnya sekitar 2 minggu lalu, FLP Bekasi telah mengadakan pertemuan non-rutin dengan seluruh pengurus, anggota, dan calon anggota. Pengurus FLP Bekasi yang hanya segelintir orang itu telah membagi-bagi tugas untuk menghubungi semua anggota yang telah mendaftar sejak September 2004, dan data mereka telah tersimpan dalam arsip keanggotaan FLP Bekasi.

Tujuannya adalah untuk Registrasi Ulang keseluruhan anggota FLP Bekasi, dan supaya memudahkan pengurus untuk menata kembali anggota yang aktif untuk mengikuti Pertemuan Rutin yang akan dilakukan dengan format berbeda mulai bulan April ini. Pertemuan tersebut diikuti oleh sekitar 19 orang peserta.

Sesi 'pelatihan singkat' yang diisi oleh Bayu Gautama (penulis, staf Eramuslim) bertajuk "Menulis Spontan, Menulis Kreatif". Sesi tersebut berlangsung cukup seru, sebab mas Bayu membawakan materi dengan sangat atraktif. Peserta duduk di bangku masing-masing dengan membentuk lingkaran. Atraksi 'lempar-melempar' gulungan kecil kertas yang dilakukan pengisi acara cukup membuat kami semua tertawa, tersenyum-senyum, atau bahkan meringis karena sering 'terkena' lemparan yang tak terduga itu. Sepertinya sih, mas Bayu cukup menikmati perannya ketika harus 'melempar' peserta dengan kertas-kertas itu. Hehehe....

"Menulis Spontan, Menulis Kreatif"

Materi dimulai dengan sharing mengenai bagaimana 'menangkap' ide. Peserta diminta untuk menceritakan pengalaman masing-masing ketika berada dalam perjalanan menuju lokasi acara, dan menyebutkan ide-ide apa yang terlintas sepanjang perjalanan tersebut. Di sepanjang sesi tersebut, pengisi banyak melakukan berbagai simulasi menarik untuk membantu peserta agar lebih memahami isi materi.

Bahwa setiap lintasan ide yang dianggap sebagai 'ide kecil' tidak bisa disepelekan, sebab kita semua harus belajar untuk menghargai ide yang merupakan harta bagi seorang penulis. Bila kita tidak berusaha untuk 'menangkap' ide tersebut dengan sepenuh penglihatan, hati, dan pikiran, maka sesuatu tersebut tidak akan bisa menjadi 'sebuah ide' untuk dipergunakan. Menunggu ide untuk datang menghampiri bukanlah sikap yang tepat, bila seorang penulis ingin maju. Bahkan seringkali berbagai hal yang dianggap sebagai sebuah kendala, akan menjadikan kita menyia-nyiakan ide yang sebenarnya bertebaran di sekeliling.

Mengenai hambatan atau kendala, mas Bayu menegaskan bahwa semakin banyak hambatan dalam menulis yang kita hilangkan, maka kita akan menulis dengan lebih baik. Setiap orang memiliki hambatan yang berbeda, maka tidak tepat bila kita hanya berpangku tangan mengharapkan orang lain menyelesaikan masalah atau hambatan yang ada di hadapan kita. Maka, analisa masalah dan buat prioritas dalam menyelesaikannya atau menghilangkan hambatan tersebut!


Peserta yang hadir:
1. Yani
2. Adnan
3. Ririn
4. Wiwiek
5. Nadiah
6. Rahma
7. Vita
8. Heri
9. Yuliawati

10. Irshad
11. Narti
12. Neni
13. Imam
14. Syauqie
15. Ruli
16. Fikri
17. Nita
18. Ami
19. Eti

Dari nama-nama di atas, 9 orang adalah 'anggota lama' yang hadir untuk mendaftar ulang, sedangkan 10 berikutnya adalah anggota yang sudah pernah mendaftar pada bulan September 2004, dan baru hadir kembali kemarin, ditambah dengan mereka yang benar-benar baru bergabung dengan FLP Bekasi. Namun dari 10 orang tersebut, hanya 7 orang yang berminat untuk bergabung menjadi anggota FLP Bekasi. Dengan demikian, dari pertemuan tanggal 27 Maret 2005, ada penambahan anggota sebanyak 7 orang. Mereka semua telah mengisi formulir pendaftaran keanggotaan FLP Bekasi (dan formulir tersebut kini masih saya pegang).

Pengurus telah membagikan beberapa berkas untuk setiap peserta yang hadir, yaitu:
- Sosialisasi kegiatan Munas I FLP
- Sekilas tentang FLP Bekasi (kepengurusan, kegiatan, dll yang berkaitan dengan FLP Bekasi-dengan tambahan hasil evaluasi enam bulanan)
- Silabus Pertemuan Rutin Bagian I Kelompok MUDA

Sekian dulu infonya...semoga bermanfaat, n keep in touch with us!!!

Wassalamu'alaikum wr wb

0 comments: