Monday, March 13, 2006

Inaugurasi FLP Bekasi: Siap-siap!!!

Calon anggota Muda FLP Bekasi yang mengikuti Training Kepenulisan FLP Bekasi sejak Januari lalu sebentar lagi akan mengakhiri rutinitas mengikuti pertemuan rutin dua pekanan. Setelah 4 bulan mengikuti training, mereka akan diseleksi untuk diketahui siapa saja yang berhak di-inaugurasi dan kemudian menyandang jenjang “Muda” di FLP Bekasi. “Diseleksi” kesannya memang agak seram, ya? Tapi sebenarnya mudah, dan hanya membutuhkan komitmen dan partisipasi calon anggota untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan pengurus.

Selama 4 bulan, mereka semua tak boleh absen lebih dari 2 kali. Bila absensi melebihi yang ditolerir, maka hak calon anggota untuk mendapat predikat jenjang “Muda” telah hilang, walaupun tetap diperbolehkan untuk hadir pada tiap pertemuan. Menyerahkan sebuah tulisan utuh (baik berupa cerpen maupun artikel), merupakan syarat berikutnya. Dua hal tersebut sepertinya memang tak terlalu sulit untuk dipenuhi, namun pada kenyataannya tidak begitu. Mungkin ada yang berpikir bahwa peraturan yang diterapkan terlalu ketat dan sebagainya. Namun begitulah kedisiplinan yang dicoba untuk dibangun oleh pengurus FLP Bekasi. Bahwa menjadi bagian dari Forum Lingkar Pena berarti berpartisipasi dalam bidang kepenulisan, keorganisasian, dan pengkaderan. Tiga hal tersebut pastinya akan mengembangkan potensi para anggota sendiri, dan menjadi penguat Forum Lingkar Pena sebagai organisasi pengkaderan penulis.

Tidak hanya calon anggota Muda yang mengikuti inaugurasi nanti. Sejak berdiri pada tahun 2004 lalu, FLP Bekasi memang belum pernah melaksanakan inaugurasi, walaupun training kepenulisan sudah berjalan rutin. Maka, pada waktunya nanti, seluruh anggota lama dan pengurus akan ikut di-inaugurasi bersama dengan calon anggota baru. Hal ini dilakukan untuk merapikan proses kaderisasi sekaligus sebagai upaya bersikap adil kepada seluruh anggota. Jangan salah, setiap pertemuan rutin, sebagian besar anggota lama dan pengurus juga mengikuti acara bersama-sama dengan mereka. Yah, karena kami semua sadar bahwa ilmu yang sudah ‘dikantongi’ baru sedikit sekali, dan jalan untuk menjadi seorang penulis masih sangat panjang.

Beberapa orang calon anggota sudah mulai bertanya-tanya: inaugurasi itu ngapain aja sih? Tenang …! Jangan membayangkan bakal disiram air comberan atau disuruh lari-lari keliling hutan. Inaugurasi I FLP Bekasi saat ini sedang dipersiapkan oleh pengurus, dan pastinya akan menjadi acara kejutan bagi anggota. Hingga hari H nanti, sepertinya kami tidak berkenan untuk membagi bocoran sedikit pun. Yang jelas, mungkin tidak akan ada acara mewah dan super heboh. Sederhana saja. Silaturahmi, itu sudah pasti. Yang lainnya? Wah … lihat saja nanti!

Sudah bulan Maret, berarti 6 bulan lagi FLP Bekasi akan menapaki tahun kedua. Para pengurus ternyata sudah hampir 2 tahun menjabat dan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan cinta dan jerih payah mengembangkan forum tercinta ini. Tapi, tanpa adanya sebuah regenerasi, organisasi tidak akan melangkah maju dan mungkin akan mengalami kondisi stagnan. FLP Bekasi sangat membutuhkan ide-ide cemerlang dan semangat baru untuk memandu kiprahnya dalam dunia kepenulisan. Khususnya dalam hal kepengurusan. Lalu, pengurus lama akan meninggalkan FLP Bekasi begitu saja? Tentu tidak! Isi kepala kami saat ini sedang berputar-putar merencanakan sesuatu yang baru lagi. Mau tahu? Tungggu saja! [DH]

3 comments:

Anonymous said...

mm... by the way pengumuman pemenang lomba nulis apa aja pro-u media kapan n dimana bisa diliat?? waktu ana ngebaca pengumumannya, cuman di kasih tau tenggatwaktunya ajaaa, tp pengumuman enggak.. thaanx bilaa pertanyaan ana di perhatiin

FLP Bekasi said...

duh, sama-sama nggak tau nih. karena memang nggak ada keterangan yang jelas. mungkin tunggu dikabarin aja ya, kalau menyertakan identitas yang jelas pastinya mereka akan kasih kabar.
maaf baru dijawab sekarang.

Anonymous said...

What a great site Purchase butalbital apap http://www.fiat-x-1-9.info/gent-fire-alarm.html Medication prozac Opage projectors pornstar terri summers fire alarm jobs 401k shopping Cap neurontin Stationery sources factory cd changer ford lincoln mercury Why monitor fire alarms Fire alarm test S2fglaxo zyban Work athome jobs oakley eyeglass frames for women