Tuesday, January 18, 2005

[TIPS] dari Fahri Asiza 2

Teman-teman yang baik,
ada sedikit tambahan lagi yang rasanya perlu saya sampaikan di sini sebagai tambahan dari beberapa catatan cerpen sebelumnya. Beberapa waktu lalu, kita pernah mendiskusikan tentang dialog dari catatan kecil atau bahasan yang saya berikan. Nah, baiknya kita singgung sedikit lagi ya.

Cerpen-cerpen dari penulis yang baru melangkah (sungguh, saya sangat bangga dengan semangat kalian dan yakin tak lama lagi kalian akan menjadi penulis yang hebat), masih banyaknya dialog yang mengambang (tidak jelas maksudnya), dialog yang tidak nyambung antara dialog yang satu dengan dialog yang lain, lalu dialog yang mencoba menguatkan cerita tetapi sebenarnya bisa dilakukan dengan narasi hanya satu atau dua baris.

Ini sangat disayangkan, karena cerita yang akan kita buat terkesan longgar, tidak utuh dan kuat. Dialog-dialog yang tidak ada makna (kadang suka lari dari masalah yang dibicarakan), sebaiknya dibuang dan diperketat lagi.

Caranya? Mudah sekali

1. Kuatkan dulu, point apa yang hendak diutarakan, sehingga dialog tidak "lari" dari point tsb.
2. Dialog singkat saja, tidak usah bertele-tele untuk menyampaikan maksud tertentu. Bila memang point lain yang akan disinggung pada bagian cerita berikutnya, itu baru bisa.
3. Perhatikan pula, apakah perlu mengungkapkan satu point dengan dialog? Padahal bisa dilakukan dengan narasi yang singkat.
4. Dialog pun harus mempertimbangkan siapa yang akan mengucapkannya, ini berkaitan dengan karakter tokoh yang kita ciptakan. Hingga tidak terkesan seragam. Karena dari dialog-dialog itu sebenarnya karakter pun telah terbangun.

Cukup mudah, kan? Insya Allah ini cukup membantu. Dan jangan pernah patah semangat. Karena semua pasti memakai proses. Itu juga bukan berarti karya-karya yang teman-teman buat jelek, tidak, sama sekali tidak. Hanya sedikit perlu dipoles saja. Karena rangkaiannya sudah cukup. Saya yakin, saat ini kalian baru mulai melangkah, tapi tak lama lagi, kalian sudah meninggalkan garis start cukup jauh.

Ayo, terus semarakkan dunia FLP dengan karya-karya yang asyik dan bermutu.

Tetap semangat!
salam,
fa

0 comments: