Thursday, January 13, 2005

[TIPS] dari Fahri Asiza

Teman-teman yang baik,

Sungguh asyik dan bangga rasanya menyimak begitu banyaknya penulis-penulis generasi FLP yang bermunculan. Sungguh, ada perasaan terharu pula di hati saya. Kalian punya semangat "tempur" yang hebat. Ya, karena kalian semua adalah penerus dari FLP.

Sekadar untuk berbagi, ada beberapa catatan yang rasanya perlu saya sampaikan di sini. Catatan ini saya berikan, bukan saya merasa lebih pintar dari kalian semua. Tetapi saya hanya sekadar mencoba memberikan gambaran saja.

1. Buatlah tema-tema yang sederhana saja, tidak usah tema yang besar atau bombastis. Karena dikhawatirkan, kita tidak akan kuat memikulnya. tema yang besar, kadang akan "menjerumuskan" kita pada cerpen itu sendiri. Sebagai rekomendasi saya, bacalah karya Asma Nadia. Sis yang satu ini, selalu memberikan tema-tema yang sederhana, tetapi menggarapnya dengan rangkaian yang utuh
2. Karakter, dari beberapa cerpen yang saya baca, karakter tokoh masih banyak belum memiliki bentuk yang utuh. Sebaiknya, mulailah untuk mempelajari dan mengedepankan karakter tokoh yang hendak buat. Karena tema yang bagus dan indah, bila karakter tokohnya tidak kuat, sangat sayang sekali. Sebagai rekomendasi saya, bacalah karya Gola Gong. Akang yang satu ini, sangat kuat dalam memposisikan atau mempermainkan karakter tokohnya.
3. Logika cerita, kadang logika cerita selalu lepas. Mungkin karena terlalu asyik dengan tema, hingga melupakan bagian yang satu ini. Logika cerita sangat penting, agar pembaca bisa masuk ke dalamnya. Sebagai rekomendasi saya, bacalah karya Teh Pipiet Senja. Teteh saya yang satu ini, selalu pandai mempermainkan cerita dengan logika yang sejalan.

Hal lain yang perlu saya utarakan juga, tentang diksi dan narasi. Rata-rata sudah memiliki kemampuan yang cukup, hanya tinggal sedikit dipoles. Untuk mengasahnya, banyak-banyaklah membaca karya-karya para penulis FLP, baik yang sudah melangkah duluan atau yang baru mulai melangkah. Tidak ada perbedaan dalam hal ini, karena dalam keluarga besar FLP yang bersahaja, kita akan selalu tetap saling berbagi. Karena, saya sendiri juga masih belajar.

Tetap semangat
salam,
fa

[diambil dari milis FLP Pusat]

0 comments: