Wednesday, December 22, 2004

[RESENSI] Mengarang? Ah, Itu kan Gampang!

Mengarang itu gampang, itulah judul buku yang ditulis oleh Arswendo Atmowiloto yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Saya membeli buku itu 3 bulan yang lalu ketika saya mulai tertarik dengan dunia penulisan. Dalam bukunya itu Arswendo menulis bahwa yang dibutuhkan untuk mengarang adalah minat dan ambisi terus menerus serta bisa membaca dan menulis. Tentu saja kita tidak akan bisa menulis dengan baik selama kita malas membaca. Membaca dan menulis ibarat sebuah sistem kompleks yang tidak dapat disederhanakan lagi (irreducible complexity).

Hal yang perlu di perhatikan adalah membaca dan menulis yang baik dan benar itu perlu latihan,perlu disiplin dan perlu minat yang tak kunjung habis. Minat dan ambisi seperti rasa cinta, selalu ada, terus mengalir. Hal ini didasarkan pada kepercayaan diri, bahwa dengan mengarang kita melakukan sesuatu yang kita cintai dan kita percaya ada sesuatu yang baik yang akan kita lakukan dengan itu.

Selain minat dan ambisi, kita juga harus mampu dan menyiapkan diri untuk menerima ilham.Walau setiap hari kita mungkin melihat tukang jual obat,tapi kalau kita tidak menyiapkan diri untuk menerima ilham,kejadian itu akan berlalu begitu saja dan kita tidak akan mendapatkan ide apa-apa. Kalau kita siap dengan sikap kita sebagai penulis, kita pasti akan mengamati lebih dalam lagi. Penjual obat ini berasal dari mana, kenapa dia menjadi penjual obat, bagaimana dengan keluarga nya dan segala ragam keunikan yang lain.Setelah mendapatkan ilham maka langkah selanjutnya adalah membuat ide penulisan. Kita mulai menentukan hal apa yang sebenarnya yang ingin ditulis. Toko obatnya? Penjualnya? Pembelinya? Atau hal yang lain. Dalam ide dasar penulisan ini, kita sudah mulai memfokuskan diri pada perhatian yang lebih terperinci.

Saat ini rasanya tak ada kegiatan yang bisa dipisahkan dari membaca dan menulis. Tidak hanya untuk bisa menulis dalam pengertian umum: cerita pendek,novel,drama atau puisi. Melainkan juga bisa menjadi wartawan,korektor,penerbit,perancang teks iklan atau penulis lirik lagu .

Jadi, tunggu apalagi marilah menulis sekarang juga !!!

*Wiwiek*
(Sumber : Mengarang itu Gampang, Arswendo Atmowiloto, Gramedia Pustaka Utama, 2003)

0 comments: